Sat. Jul 20th, 2024
Peran Seorang Ibu Yang Luar Biasa

Peran Seorang Ibu Yang Luar Biasa

Peran Seorang Ibu Yang Luar Biasa – Para dokter, khususnya dokter anak tentu akan memberikan perhatian khusus. Akan tumbuh kembang anak sejak masa prenatal hingga anak memasuki remaja. Hal ini dikarenakan tumbuh kembang anak yang terdiri akan beberapa tahap. Yaitu saat masih berupa janin, bayi yang baru lahir, bayi, balita, usia sekolah, remaja awal, tengah dan tahap akhir. Yang mana setiap tahap ini memiliki cara pendekatan yang berbeda.

Dua hal yang dapat menjadi ukuran dalam tumbuh kembang anak. Yaitu dalam hal pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan yaitu merupakan bertambahnya pada ukuran fisik anak. Seperti dalam hal tinggi badan, berat badan, ataupun lingkar kepala. Berat badan dan tinggi badan bisa digunakan sebagai data untuk menilai setiap pertumbuhan anak dan juga status gizi nya. Pertambahan setiap cm lingkar kepala nya juga harus dipantau. Dikarenakan berkaitan dengan perkembangan anak. Adapun dalam hal perkembangan merupakan bertambahnya kemampuan akan fungsi individu untuk kemampuan gerak kasar atau halus, pendengaran, penglihatan, bicara, komunikasi, emosi, kemandirian nya, dan juga perkembangan akan moral.

Orang tua akan menghabiskan waktu paling banyak dengan anak. Maka sudah menjadi hal yang wajar untuk selalu memantau setiap tumbuh kembang pada sang buah hati. Pertumbuhan dan juga perkembangan pada anak dapat dipantau dengan rutin. Dengan membawa nya ke dokter anak atau ke Posyandu. Dan juga melakukan penimbangan untuk berat badan dan juga pengukuran tinggi badan dan monitorkan lah selalu untuk setiap kemajuan perkembangannya.

Untuk dapat mendukung kesehatan dan juga tumbuh kembang yang baik. Penting sekali untuk para ibu agar dapat mengetahui pilihan susu formula yang baik. Susu yang baik untuk Si Kecil dapat dipilih yang mengandung asam lemak esensial akan omega 3, omega 6, protein, serat alami. Dan juga formulasi untuk pendukung yang mengandung prebiotik seperti PDX ataupun GOS untuk dapat menjaga kesehatan pencernaan nya dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Si Kecil.

Hal Yang Mempengaruhi Anak Untuk Pertumbuhan nya

Hal yang dapat mempengaruhi untuk setiap tumbuh kembang anak seperti masalah gen, asupan untuk setiap nutrisi nya, kasih sayang, dan juga memberikan stimulasi sejak dini. Faktor pada lingkungan juga merupakan hal yang penting untuk pemenuhan akan kebutuhan dasar untuk tumbuh kembang anak. Seperti pola asuh. Yang mana merupakan kebutuhan akan hidup sehat seperti pemberian nutrisi dan juga imunisasi, kebersihan, obat obatan, pakaian, tempat untuk tinggal, dan juga sanitasi pada lingkungan. Asih yang merupakan kebutuhan emosional yang berbentuk kasih sayang maupun penghargaan. Dan asah yang merupakan kebutuhan dalam hal stimulasi seperti melakukan komunikasi, stimulasi untuk bicara, bergerak, sosial, moral, inteligensi. Faktor yang tidak lah kalah penting yaitu si Ibu. Ibu akan menjadi lingkungan pertama dan sangat erat sudah sejak janin di dalam kandungan bahkan hingga anak beranjak remaja. Ayah, para kakak, adik, dan juga nenek kaket ataupun pengasuh.

Peran ibu untuk tumbuh kembang anak merupakan hal yang luar biasa. Hal ini dikarenakan pemberian asupan akan nutrisi dan juga stimulasi pada anak sudah dimulai saat anak masih di dalam janin. Bahkan saat masih di dalam janin pun sudah merasakan rasa makanan yang ibu makan dan juga mendengarkan suara ibu. Kasih sayang ibu inilah yang akan menjadi stimulasi. Sehingga akan terus menerus dirasakan, ditiru dan diterapkan oleh anak. Sehingga untuk dapat menjadi seorang ibu yang baik, haruslah cerdas, hebat dan kuat.

Perang Penting Para Ibu

Terdapat beberapa peran penting dari para ibu, seperti :

  • Menjadi Sebuah Ikatan Yang Kuat Dengan Anak

Seorang ibu menjadi orang yang pertama dalam mengenal dan juga berhubungan dengan anak anaknya. Setelah melahirkan ibu menjadi seseorang yang memberikan perawatan pertama kali untuk anak anaknya. Cara nya dalam berinteraksi baik itu setiap hari nya, bulan bahkan hingga bertahun tahun. Tentu saja akan meninggalkan sesuatu yang mendalam untuk anaknya. Yang mana semua akan tercemin di dalam lingkungan sosial dan juga emosional pada setiap anak.

  • Memberikan Lingkungan Yang Layak

Seorang ibu akan bertanggung jawab akan lingkungan yang akan didapatkan anaknya sejak awal. Dengan selalu memberikan ruang gerak yang tepat, tempat berkreasi dan juga bermain. Tentu harus didukung dengan lingkungan yang tepat untuk perkembangan anak yang baik.

  • Perkembangan Untuk Perilaku Anak

Ibu tentu saja menjadi seseorang yang paling mengenal anak nya lebih dari siapapun. Maka dari itu untuk setiap perkembangan dan juga perilaku anaknya akan selalu diawasi dengan sangat ketat. Dengan mengamati anak nya dan juga mendengarkan suara nya saja dapat memberikan gambaran kepada para ibu. Mengenai apa saja yang telah terjadi di dalam diri anak.

  • Memberikan Keamanan dan Menanamkan Kepercayaan

Ibu akan selalu mengajarkan anak anaknya bagaimana untuk percaya dan juga selalu menjadi orang yang dapat dipercayai. Saat anak sudah memahami akan hal ini. Maka anak itu akan menjadi sosok yang percaya diri dan juga aman secara emosional. Ibu akan selalu berada di dekat anak anak nya bahkan saat sang anak sangat membutuhkan nya. Ibu tentu menjadi pendorong utama yang membuat anaknya menjadi lebih baik. Cinta dan juga dukungan dari ibu yang tanpa batas dan syarat ini akan membantu anak untuk dapat meningkatkan diri.

  • Ikatan Keluarga

Selalu mengajarkan pada anak akan penting nya sebuah keluarga. Karena yang mana mereka akan menjadi tulang punggung keluarga dan juga menyatukan seluruh keluarga. Selalu makan bersama keluarga dan juga mendorong anak untuk menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga di rumah.

  • Bersikap Baik, Peduli Dan Penuh Kasih

Ibu yang selalu bersikap baik, penuh kasih sayang dan juga perhatian kepada anak nya. Maka telah mengajarkan hal utama kepada anaknya untuk menjadi pribadi yang sama saat sudah besar nanti. Perilaku ibu terhadap anak nya juga akan memiliki dampak dalam jangka panjang untuk setiap perkembangan nya. Bukan hanya saat sang anak masih kecil, akan tetapi saat ia sudah tumbuh dengan dewasa juga.

  • Selalu Bijaksana Dan Sensitif

Saat ibu sudah memahami dan juga menyikapi dengan baik akan cara berpikir anak nya. Maka sang anak akan tumbuh menjadi pribadi yang sensitif. Yang mana ia juga dapat memahami sudut pandang dari orang sekitarnya. Hal itu tentu nya akan membantu untuk menjaga setiap hubungan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *